Selasa, 20 Oktober 2015

CUKUP DUA KULIT SAPI AGAR PERJALANAN LANCAR




Ada sebuah cerita, seorang Raja hendak blosokan berkeliling-keliling negerinya untuk melihat keadaan rakyatnya dipelosok yang jauh dari kerajaannya. Sang Raja memutuskan untuk menyamar seperti rakyat biasa dan tidak menunggang kuda, dan dengan hanya berjalan kaki saja beserta beberapa pengawal kerajaan.  Setelah beberapa pelosok disinggahinya dengan berjalan kaki akhirnya kakinya melepoh karena rata-rata jalan perkampungan terdiri dari batu-batu tajam dan kerikil-kerikil. 
Sepulang dari perjalanan Sang Raja berpikir, “Ternyata jalan-jalan di negeriku ini jelek sekali. Aku harus  memperbaikinya”.  “Ternyata sangat jauh berbeda kehidupan dikerajaan dengan di luar kerajaan” pikir raja.  Selanjutnya “selama ini aku hanya terlalu sibuk memikirkan pemerintahan didalam kerajaan saja”,.  Sang raja mempunyai keinginan agar semua rakyatnya juga bisa merasakan setiap pembangunan secara merata.
Akhirnya Sang Raja memanggil seluruh menteri istana. Ia memerintahkan untuk melapisi seluruh jalan-jalan di negerinya dengan kulit sapi terbaik. Segera saja para menteri istana melakukan persiapan-persiapan yang diperlukan. Mereka mengumpulkan sapi-sapi dari seluruh negeri.
Di tengah-tengah kesibukan yang luar biasa itu, datanglah seorang pengembara tua menghadap Raja. Ia kemudian berkata pada Raja, “Wahai Paduka, mengapa Paduka hendak mengorbankan sekian banyak kulit sapi untuk melapisi jalan-jalan di negeri ini, padahal sesungguhnya yang Paduka perlukan cukup dua potong kulit saja untuk melapisi telapak kaki Paduka.”
Sejak saat itulah semua rakyat memakai kulit pelapis telapak kaki yang kita sebut “Sandal”.


Terkadang kita mau setiap kebijakan atau usaha kita dapat merubah semuanya dengan sesempurnanya, walaupun harus berkorban banyak tetapi mengabaikan kata efektif, efisien, dan produktif.

5 komentar:

  1. Nanti upload game jg ya gan, biar bs download.. He

    BalasHapus
    Balasan
    1. ntar inputan hm wan ipo keteteran, main game trus..klo babe kdpp,tp ktahuan pk sae ngalih...

      Hapus
  2. Kalau kulit sapi masih mahal sekarang buat bahan sendal, cap sendal swallow murah meriah.. hahahaha. Upload terus ya bro.. drpd bengong hehe.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Betul betul betul ujar upin ipin..ntar posting sandal swallow lg biar murah..

      Hapus