Kamis, 10 Maret 2016

Terjadi Gerhana Matahari dan Bulan Total

Gerhana Matahari pada Tahun ini terjadi pada tanggal 09 Maret 2016, bertepatan pada hari libur Nasional hari Raya Nyepi. Semua orang sibuk melakukan persiapan, untuk menyonsong saat terjadinya gerhana matahari total yang terjadi didaerah daerah tertentu, yang mendapat jatah terjadinya gerhana matahari tersebut. Bagi yang wilayahnya tidak kebagian gerhana, sudah jauh jauh hari bahkan bulan untuk mencari tempat penginapan, baik hotel mewah sampai hotel murah, maupun ketempat sanak saudara, bagi yang punya keluarga pada wilayah tersebut. Tempat berkumpul untuk menyaksikannya pun beragam. Ada yang di pantai, di atas gedung, di tempat lapangan terbuka secara bersama sama dan lain sebagainya. Dan untuk melihatnya pun bermacam macam pula. Ada yang menyiapkan peralatan sederhana seperti kacamata rakitan atau bermodalkan ember yang berisi air sampai peralatan yang canggih.
Namun akan merasakan hal yang berbeda saat terjadinya gerhana matahari yang ditunggu tunggu tidak seperti yang dibayangkan sebelumnya, seperti yang terjadi di Wilayah Kabupaten Barito Selatan. Gerhana Matahari total tidak seperti yang diceritakan sebelumnya, karena yang terjadi adalah gerhana Matahari dan Bulan total secara bersamaan, yang disebabkan oleh awan yang menyelimuti seluruh wilayah Barito Selatan. 



Dan tentunya ada rasa yang berbeda saat menyaksikannya ditempat yang tidak biasa didatangi orang, yaitu dihutan yang jauh dari keramaian. Sebelum dan menjelang terjadinya gerhana, Kondisi alamnya terasa tenang, sepertinya dunia tidak bergerak. Suara burung yang kadang kadang seperti enggan berbunyi. Suasana hati tercipta dengan sendirinya terbawa suasan alam, karena tidak ada pengaruh suara orang orang disekitar.
Saat terjadinya gerhana alam menjadi gelap gulita, dan semuanya menjadi hening dan senyap.



Setelah melewati gerhana baru mulai berangsur angsur normal. Cahaya matahari mulai terlihat karena awan mulai memberi ruang. Dan kicauan burung mulai saling bersahutan.


Sungguh kejadian Alam yang luar biasa, Allahu Akbar, Allah maha besar.

4 komentar:

  1. Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.

    BalasHapus
  2. Numpang promo : https://youtu.be/zKuYo52c5Ow

    BalasHapus
  3. Numpang promo : https://youtu.be/zKuYo52c5Ow

    BalasHapus
  4. Mau jualan online tp tidak punya produk sendiri, jgn kuatir.. Klik di sini dan daftar skrg jg,, http://cakning.com/?sp=CE644

    BalasHapus